ads

sumpah-sampahMalam ini sudah masuk tanggal 28, tepatnya 28 Oktober. Sebagaimana diketahui bersama bahwa setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tetapi kali ini Pak Liek tidak akan membahas panjang kali lebar sama dengan tinggi tentang Sumpah Pemuda, karena materi tentang sejarah Sumpah pemuda telah ada di buku pelajaran sekolah.

Boemipodjok kali ini akan mengulas tentang sumpah yang ada di Indonesia dari mulai jaman nenek moyangku orang pelaut, gemar mengarung luas samudra, menerjang ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa ... ., sampai dengan sumpah yang ada saat ini. dan tampa panjang kali lebar sama dengan sisi, mari kita ikuti perjalanan sumpah yang ada di Indonesia :

Sumpah Palapa - Sebuah pernyataan/sumpah yang disuarakan oleh Gajah Mada pada tahun 1336 M saat upacara pelantikannya menjadi Amangkubhumi Majapahit. Pada intinya isi dari Sumpah Palapa adalah Gajah Mada tidak akan melepaskan puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.

bunyi-sumpah-palapa-gajah-madaSumpah Pemuda - Sebuah putusan dari Kongres Pemuda Indonesia ke-2 pada 28 Oktober 1928. Putusan Kongres Pemuda Indonesia II tersebut yang akhirnya menjelma menjadi Sumpah Pemuda. Istilah "Sumpah Pemuda" baru dicetuskan oleh Soekarno pada tahun 1958.

putusan-kongres-pemuda-2-1928Sumpah Jabatan - Sebuah ucapan sumpah atas nama Tuhan yang dilakuan oleh para pejabat/aparatur negara. tetapi sekarang ini sumpah jabatan janyalah sekedar ucapan saja karena banyak pejabat/aparatur yang terkait dengan kasus korupsi.

sumpah-koruptorSumpah I Love You - Sebuah pernyataan yang akan Pak Liek ucapkan kepada wanita cantik, kaya, baik hati dan tidak sombong yang setiap pagi dan sore selalu menyiapkan kopi susu pahit tampa gula dan sebungkus rokok kegemaran Pak Liek.

sumpah-mati-aku-cinta-kamu
Show comments
Hide comments
3 Komentar untuk : Sumpah Palapa - Sumpah Pemuda dan Sumpah Lainnya

muerdekaaaaaaaaaaa
dari utang warung kopi wkwkwk

bro blognya keren,, BW ya mampir dimari http://weirdboard.blogspot.com ,, thanks :)

nambahin sumpah pocong sob.. Hehe