ads

jaranan-susu-asololeASOLOLE - Kata Asolole sekarang ini mewabah dimana-mana, mulai anak kecil sampai orang dewasa sering terucap kata Asolole. Asolole juga merambah dunia Facebook baik itu sebagai update status maupun sebuah komentar.

Asolole - kata tersebut sekarang ini sering terdengar oleh Pak Liek dan sering juga Pak Liek baca di status ataupun komentar Facebook. Pertama Pak Liek tidak begitu memperhatikan kata Asolole, tapi lambat laun karena sering dengar dan baca maka akhirnya timbul juga rasa penasaran akan sumber asal kata Asolole tersebut.

Usut punya usut, selidik punya selidik dengan mengunjungi perpustakaan dan membuka buku-buku di rak simbah Google, akhirnya ketemu juga sumber dari kata Asolole. Terkenalnya kata Asolole ternyata karena sebuah lagu dangdut yang berjudul "ngamen 2" yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut wanita asal kota Nganjuk yang bernama Eni Sagita. Di tengah-tengah lagu yang berirama dangdut koplo tersebut sang penyanyi mengeluarkan kata-kata "Asolole Icik-icik ehem".

Asolole - setelah ketemu sumber asal kata Asolole, akan tetapi belum puasa juga rasa penasaran Pak Liek. Masih ada 2 buah pertanyaan yang membuat penasaran. Kali ini rasa penasaran Pak Liek lebih menjurus lagi. Yang pertama, Apakah kata Asolole memang terkenal dari lagunya Eni Sagita - Ngamen 2 atau ada yang lebih dulu mempopulerkannya. Yang kedua, Arti dari kata Asolole yang sebenarnya.

Asolole - Kata Asolole sebelum mewabah dimana-mana sekarang ini ternyata sudah populer dari dulu tapi hanya populer di kota Nganjuk dan sekitarnya. Dulu kata Asolole dipergunakan sebagai kata pembuka dalam kesenian tradisional Jaranan.

Sampai saat ini Pak Liek belum tahu arti/makna dari kata Asolole tersebut. Ada sebagian kalangan yang mengatakan bahwa kata Asolole berasosiasi dengan hal-hal yang bersifat jorok. Dalam perkembangannya sekarang ini kata Asolole berubah makna yang merujuk pada sosok pekerja seks.

Meskipun rasa penasaran belum terjawab sepenuhnya tapi setidaknya Pak Liek saat ini bisa menikmati segelas kopi susu pahit tampa gula dan beberapa batang rokok dengan nyaman.
Show comments
Hide comments
4 Komentar untuk : Asolole Sebuah Fenomenal Asolole

wah nek kalimat iku gak ngerti blas aku pak
ngertine lagu ngamen 2 itu,
cah cilik daerahku gini nyanyinya:
ning akhirat ora ono montor liwat..

aku plesetke wae jadi
ning akhirat ora ono adsense lewat wkwkwkwk

ngungsi ke adhiz wae :D

buka kamus
aso lo le nek ditafsir katromologi biso wae
asoy-lho-le
atau asoy lho lik pak cilik oleh recehan ...agagagag..
kabuurr

pertamaaaaaaaax, bensin dan solaar.. heehehe
pernah baca katanya emang maknanya negatip; ungkapan jaman rodi gemiyen
bangun pak, sahuuur :D

wewww saya justru baru tahu tuh sama kata2 itu,
maklumlah namanya juga bolang (*bocah malang) jadi infonya lama sampainya kekuping saya ^^